Perawatan Pasca Operasi Katarak

Perawatan Pasca Operasi Katarak

Setelah operasi katarak, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebagai perawatan pasca operasi katarak. Tujuannya, agar hasil operasi optimal dan tidak terjadi risiko komplikasi pasca operasi.

Tentu setiap orang yang telah menjalani prosedur medis berharap prosedur tersebut berhasil dengan hasil yang optimal, bukan? Demikian pula dengan operasi katarak. Dan, optimalnya hasil operasi tersebut sangat bergantung pada perawatan pasca operasi katarak.

Perawatan Tergantung Teknik Operasi

Ada beberapa jenis teknik operasi katarak. Masing-masing operasi katarak memiliki panduan perawatan masing-masing. Di KMU, setelah operasi katarak, pasien akan mendapatkan panduan perawatan sesuai teknik operasi masing-masing.

ECCE

ECCE (Extra Capsular Cataract Extraction) merupakan teknik operasi katarak konvensional. Pada teknik operasi ini, dokter mata mengeluarkan lensa melalui sayatan selebar 8-10mm. ECCE membutuhkan waktu penyembuhan dan pemulihan yang cukup lama.

SICS

SICS (Small Incision Cataract Surgery) merupakan teknik operasi menggunakan jahitan dengan sayatan kecil 6 – 10 mm. Proses operasinya membutuhkan waktu 15-30 menit dan waktu penyembuhannya juga lebih singkat daripada ECCE.

Phacoemulsification

Phacoemulsification merupakan tenik operasi katarak yang paling canggih. Teknik operasi katarak ini tanpa jahitan. Proses operasinya singkat, hanya sekitar 10-15 menit. Waktu penyembuhan dan pemulihan juga jauh lebih cepat. Selain itu, teknik operasi katarak ini mampu mengurangi rasa nyeri, ngeres atau ketidaknyamanan setelah operasi.

Baca juga: LASIK

Perawatan Pasca Operasi Katarak

Secara umum, ada sejumlah perawatan pasca operasi katarak khususnya sampai pulih sebagaimana dokter mata nyatakan. Berikut tujuh poin perawatan setelah operasi katarak agar hasilnya optimal:

  1. Tidak mengangkat berat
  2. Tidak mengejan
  3. Tidak meniup
  4. Tidak membungkuk berlebihan
  5. Mata tidak boleh terkena air
  6. Tidak mengusap dan mengucek mata
  7. Menjaga kebersihan mata tanpa terkena air

Mengapa ketujuh poin perawatan pasca operasi katarak tersebut sangat penting? Karena mata belum pulih pasca operasi katarak. Lensa mata bisa bergeser, dan lain-lain. Lebih detail, penjelasannya sebagai berikut:

Mengangkat berat, mengejan (termasuk batuk), atau meniup (misal meniup balon), bisa memicu terjadinya uveitis atau peradangan pada kornea. Juga bisa mengakibatkan nyeri dan buram. Selain itu, uveitis bisa menyebabkan terjadinya edema kornea. Yakni pembengkakan kornea yang akibat penumpukan cairan di kornea.

Membungkuk pasca operasi katarak juga merupakan larangan sampai dokter menyatakan aman. Mengapa? Karena membungkuk membuat mata mengalami tekanan ekstra.

Demikian pula mata tidak boleh terkena air untuk mengurangi risiko infeksi. Umumnya, lama menghindari air masuk ke dalam bola mata ini selama 2 pekan. Sedangkan untuk renang, umumnya baru aman setelah satu bulan pasca operasi katarak.

Keluhan Pasca Operasi Katarak

Terkadang, ada keluhan pasca operasi katarak. Keluhan yang sering pasien alami antara lain:

  1. Silau
  2. Mata berair
  3. Buram
  4. Mata tidak nyaman atau mengganjal

Mengapa keempat kelihan ini terjadi? Karena saat operasi katarak ada pembersihan area di sekitar kornea mata. Hal ini mempengaruhi mata pasien sehingga pelindung kornea mata terganggu. Atau film-nya menipis atau tidak seimbang sehingga mata silau atau berair.

Komplikasi paling berbahaya pasca operasi katarak adalah endoftalmitis atau infeksi bola mata. Bisa muncul pada pasien yang tidak menjaga higien yang baik di rumah. Cara mencegahnya, segera bersihkan ketika ada kotoran pada area mata. Yang penting, tidak dengan air berlebihan. Bisa dengan kasa yang basah.

Dokter mata KMU dr. Sahila Ernawati, SpM mencontohkan, ada pasien yang habis operasi bersih-bersih di rumah, lalu menyentuh mata. Padahal tangannya masih kotor. Hal ini berisiko seperti di atas. Meskipun angka kejadiannya cukup kecil, yaitu 0,04 – 0,20.

Bagaimana cara mencegahnya risiko komplikasi tersebut? Setidaknya ada lima hal selain perawatan pasca operasi katarak secara umum di atas:

  • Bersihkan sekret/kotoran
  • Hindari memegang mata saat tangan kotor
  • Hindari batuk/mengejan
  • Kendalikan darah atau gula darah
  • Obati penyakit sistemik

Baca juga: Gejala Katarak

Kapan Segera ke Dokter Mata

Setelah operasi katarak, Anda akan mendapatkan jadwal kontrol. Biasanya H+1 lalu sepekan kemudian, lalu satu bulan berikutnya. Ini juga merupakan bagian dari perawatan pasca operasi katarak.

Namun, jika terjadi tanda-tanda berbahaya di bawah ini, segera ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

1. Visus turun mendadak

Awalnya bisa melihat tulisan di papan mendadak tidak bisa, terlihat bayang-bayang. Segera kontrol ke dokter mata.

2. Mata merah

Mata merah bisa terjadi karena infeksi, bisa karena peradangan bukan infeksi. Dokter mata bisa memeriksa dan memberikan penanganan yang tepat.

3. Edem palpebral

Edem palpebral atau bengkak pada kelopan mata juga merupakan tanda untuk segera ke dokter mata. Hati-hati karena bisa ada infeksi cukup berbahaya.

Baca juga: Ciri Mata Katarak

4. Nyeri

Yang keempat adalah nyeri. Nyeri sebagai penanda karena kesakitan bisa jadi tanda infeksi atau tekanan intraokular (TIO).

Demikian perawatan pasca operasi katarak termasuk bagaimana mencegah keluhan dan komplikasi pasca operasi.

 

Comments

Popular posts from this blog

Proyek Pemagaran lahan menggunakan Pagar Beton dan Saluran air Uditch Jawa Tengah

7 Cara Meningkatkan Profit dengan Digital Marketing